Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN No. 1 Labean Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi

SYAMSINAR, SYAMSINAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan yang timbul dari kurang kreatifnya guru menggunakan berbagai metode mengajar pada pembelajaran PKn menyebabkan siswa kurang aktif dalam menerima dan merespon mata pelajaran yang disajikan. Hal ini diakibatkan karena cara mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa memperhatikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran PKn maka perlu dilakukan pembelajaran dengan metode diskusi agar siswa dapat terlibat secara langsung dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN No. 1 Labean pada Mata Pembelajaran PKn melalui penerapan metode diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN No. 1 Labean pada tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini juga memiliki manfaat : bagi siswa yaitu meningkatkan sikap tanggung jawab siswa untuk lebih baik, bagi guru penelitian ini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang baik untuk mata pelajaran PKn dan untuk sekolah sebagai bahan masukan tentang pentingnya metode diskusi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada siklus pertama ketuntasan individu 61,6%. Pada siklus kedua ketuntasan individu sebesar 73,6. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas III SDN No. 1 Labean meningkat dengan menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa. Kata Kunci: Hasil belajar; Metode Diskusi;Pembelajaran PKn

Copyrights © 2018