Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN NO.3 TAMBU

Anwar, Khairil (Unknown)
Barasandji, Saharudin (Unknown)
Santosa, Pratama Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui media gambar pada siswa kelas I SDN No.3 Tambu?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui media gambar pada siswa kelas I SDN No.3 Tambu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN No.3 Tambu tahun pelajaran 2015/2016.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN No.3 Tambu yang berjumlah 20 orang siswa, 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan materi pelajaran yang diajarkan adalah membaca permulaan. Hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai persentase keberhasilan  cukup, pada siklus II sudah memperoleh nilai persentase keberhasilan baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I memperoleh nilai 45%. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus II memperoleh nilai 80%, terdapat peningkatan sebesar 35% dari Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dengan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80% dan proses pembelajaran diperoleh dari hasil observasi kegiatan siswa dalam pembelajaran berdasarkan lembar observasi minimal rata-rata dalam kategori baik, sehingga penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SDN No.3 Tambu.   Kata Kunci:  Membaca Permulaan, Media Gambar

Copyrights © 2018