Penelitian ini di latar belakangi karena kebanyakan siswa yang masih rendah pada keyakinan dirinya terhadap keahliannya sendiri terlebih pada pembelajaran matematika, begitu banyak siswa yang masih takut pada pembelajaran matematika begitu juga sebaliknya keyakinan yang dimiliki siswa sangat penting bagi siswa untuk dimilikinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengenali bagaimana self efficacy dalam pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek pada penelitian ini merupakan tiga siswa kelas IV B SDN 12 Pagi Kebayoran Lama Selatan tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil menggunakan hasil belajar tinggi, sedang, serta rendah. Berdasarkan pada analisis informasi yang telah dicoba, subjek pada hasil belajar tinggi mempunyai self efficacy pada tingkatan cukup tinggi, subjek pada hasil belajar sedang mempunyai self efficacy pada tingkatan cukup tinggi, sedangkan subjek pada hasil belajar rendah mempunyai self efficacy pada tingkatan sedang. Peneliti melakukan analisis self efficacy siswa agar bisa membangun rasa yakin serta percaya dalam diri tiap siswa pada pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024