Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Self Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Indi Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Linda Astriani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kebanyakan siswa yang masih rendah pada keyakinan dirinya terhadap keahliannya sendiri terlebih pada pembelajaran matematika, begitu banyak siswa yang masih takut pada pembelajaran matematika begitu juga sebaliknya keyakinan yang dimiliki siswa sangat penting bagi siswa untuk dimilikinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengenali bagaimana self efficacy dalam pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Subjek pada penelitian ini merupakan tiga siswa kelas IV B SDN 12 Pagi Kebayoran Lama Selatan tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil menggunakan hasil belajar tinggi, sedang, serta rendah. Berdasarkan pada analisis informasi yang telah dicoba, subjek pada hasil belajar tinggi mempunyai self efficacy pada tingkatan cukup tinggi, subjek pada hasil belajar sedang mempunyai self efficacy pada tingkatan cukup tinggi, sedangkan subjek pada hasil belajar rendah mempunyai self efficacy pada tingkatan sedang. Peneliti melakukan analisis self efficacy siswa agar bisa membangun rasa yakin serta percaya dalam diri tiap siswa pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...