Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan dan seberapa besar tingkat pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa FKIP UBP Karawang. Metode yang digunakan yaitu survey (pendekatan kuantitatif), populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FKIP UBP Karawang angkatan 2019 sebanyak 91 responden menggunakan teknik sampling jenuh dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil menunjukan bahwa hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa FKIP UBP Karawang, diperoleh nilai (thitung 14,431 > ttabel 1,986; p value = 0,00 < 0,05) maka hipotesis H1 diterima H0 ditolak artinya dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dari variabel Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa FKIP UBP Karawang. Pengujian koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,837 dengan korelasi sangat kuat adapun koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,701 dengan persentase besarnya pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa FKIP UBP Karawang sebesar 70% dan 30% faktor-faktor lain yang diteliti oleh peneliti.
Copyrights © 2024