Jurnal Agriyan : Jurnal Agroteknologi Unidayan
Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Agriyan : Jurnal Agroteknologi Unidayan

Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh Alami Terhadap Pertumbuhan Bibit Ketumbar (Coriandrum Sativum)

Gusmin Sarif Amane (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Sukma Kaimuddin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

Ketumbar merupakan tanaman yang bernilai ekonomi tinggi karena permintaan terhadap komoditi ini setiap tahunnya mengalami peningkatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bawang Merah Sebagai Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami Terhadap Pertumbuhan Bibit Ketumbar.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei tahun 2023 yang bertempat di kebun percobaan Program Studi Agroteknologi Kelurahan Ngkari-Ngkari Kecamatan Bungi Kota Baubau. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari lima taraf perlakuan yaitu P0: Kontrol, P1: 10% Ekstrak Bawang Merah, P2: 20% Ekstrak Bawang Merah, P3: 30% Ekstrak Bawang Merah, P4: 40% Ekstrak Bawang Merah. Parameter yang diamati meliputi; tinggi tanaman dan jumlah daun.Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak bawang merah berpengaruh sangat nyata terhadap parameter pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah daun bibit tanaman ketumbar.Perlakuan terbaik diperoleh pada konsentrasi 30%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agriyan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agriyan merupakan media cetak dan online untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian yang mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review), dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dikaji dan dipresentasikan dalam ...