Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jati 1 Kota Probolinggo. Model yang digunakan adalah model pembe1ajaran Guide Inquiry berbasis Pop Up Book. Model ini menggunakan media pembe1ajaran berupa Pop Up Book. Hal ini, dapat mempermudah baik guru maupun siswa dalam proses pembe1ajaran dan juga membuat siswa tidak merasa bosan saat pembe1ajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yang digunakan adalah semua siswa kelas IV B yang berjumlah siswa 24 orang. Perlakukan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pembe1ajaran Guide Inquiry berbasis Pop Up Book. Hasil dari penelitian ini menunjukan perubahan hasil belajar siswa yang signifikan. Pelaksanaan pembe1ajaran menggunakan model pembe1ajaran Guide Inquiry berbasis Pop Up Book di kelas IV B dengan jumlah siswa 24 siswa dilaksanakan dengan 2 sik1us. Berdasarkan hasil sik1us I, 13 dari 24 siswa memiliki tingkat hasil belajar dibawah 70% sehingga rata-rata hasil belajar siswa kelas IV B yaitu sebesar 64% pada sik1us I. Rata-rata tingkat minat siswa pada sik1us II yaitu sebesar 80.4% dimana hasil tersebut sudah mencapai nilai ketuntasan belajar siswa. Hasilnya menunjukan bahwa dengan adanya model pembe1ajaran Guide Inquiry berbasis Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024