Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Fenomena Money Politik Pada Sistem Pemilihan Umum Proporsional Terbuka (Studi Kasus : Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Toba Periode Tahun 2019-2024)

Desmon Jogi Pardede (Universitas HKBP Nommensen)
Johnson Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen)
Maringan Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Toba, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya praktek money politik pada Sistem Pemilihan Umum Proporsional Terbuka. Kedua, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah praktek money politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriktif dengan pengumpulan data yang bersumber dari data primer yaitu observasi dan wawancara dan dari data sekunder yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Faktor-faktor penyebab terjadinya praktek money politik pada sistem pemilihan umum proporsional terbuka adalah faktor kurangnya pengawasan, peserta pemilu (calon legislatif), pendidikan, budaya/kebiasaan, dan ekonomi. 2) Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah praktek money politik adalah melakukan sosialisasi, memperbaiki sistem rekrutmen caleg, peningkatan budaya politik, penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku praktek money politik, dan peningkatan pengawasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...