Rumah sakit menjadi pusat utama dimana pelayanan kesehatan bagi masyarakat, proses pendidikan, dan riset medis dilaksanakan secara menyeluruh. Hal ini menjadikan rumah sakit sebagai elemen integral dari keseluruhan struktur sistem pelayanan kesehatan, yang terus berkembang melalui upaya-upaya dalam rencana pembangunan kesehatan. Fokus penting dalam operasional rumah sakit adalah memastikan kepuasan pasien, yang dapat dinilai melalui lima dimensi utama, yakni kehandalan (reliability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), ketanggapan (responsiveness), dan kepedulian (empathy). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 25 responden. Proses pengumpulan data dilakukan melalui distribusi dan pengisian kuesioner oleh responden yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan keluarga pasien BPJS terhadap layanan farmasi di RSUD Oto Iskandar Di Nata mencapai skor 4,00 yang menunjukan berada dalam kategori puas.
Copyrights © 2024