Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Aplikasi Pembelajaran Tematik Kelas VI dalam Hubungan Al-Qur’an ataupun Hadits di MIS Ikhwanul Muslimin II Berbasis Android

Sofiatu Zahro Sinambela (UIN Sumatera Utara)
Ali Ikhwan (UIN Sumatera Utara)
Muhammad Alda (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan penggabungan ataupun perpaduan dari beberapa mata pelajaran dalam lingkup Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Pembelajaran tematik yang saat ini dilakukan di MIS Ikhwanul Muslimin II Percut Sei Tuan masih menggunakan metode konvensional dimana guru hanya menggunakan satu sumber buku sebagai modul ajar tanpa ada penerapan dan pengaplikasian teknologi sehingga membuat guru kurang bereksplorasi pada sumber materi lain dan pembelajaran terkesan membosankan bagi peserta didik. Pada skripsi ini penulis merancang sebuah aplikasi pembelajaran tematik berbasis android untuk kelas VI MIS Ikhwanul Muslimin yang mengintegrasikan materi, video dan kuis dimana guru dapat secara mandiri menambah, mengedit, dan menghapus materi sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Pembelajaran Tematik dibangun menggunakan aplikasi berbasis web based yaitu Kodular. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Reseach and Development). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran tematik berbasis android yang dapat dijalankan pada perangkat android dengan versi minimum 6.0. Marshmellow.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...