Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Examining the Challenges of the Crisis in Indonesia in Terms of Business Model Tactics

Ash Shoffi Hana Fadhilah (University of Muhammadiyah Prof DR. HAMKA)
Sun Yonglei (Beijing University of Chemical Technology, Beijing, China)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang inovasi model bisnis sebagai perencanaan dan perancangan cara-cara baru dalam menjalankan bisnis, dengan perubahan dan perbaikan proses bisnis, baik secara internal maupun kolaborasi eksternal. Inovasi bertujuan untuk menciptakan proses kerja yang baru, sehingga meningkatkan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan melibatkan pemilik UMKM sebagai subjek penelitian. Pemilihan responden dilakukan secara non-probability purposive sampling. Melibatkan 110 UMKM di Indonesia, analisis statistik menggunakan SPSS versi 25. Temuan menunjukkan dua jenis model bisnis, start-up dan transformasi, mengindikasikan UMKM menciptakan strategi untuk mempertahankan bisnis. UMKM memaksimalkan aplikasi, media sosial, dan pasar online. Rekomendasi yang diberikan adalah UMKM fokus pada strategi inovasi model bisnis, tidak menunggu sumber daya baru, dan mendukung pemerintah melalui sosialisasi, infrastruktur, dan bantuan modal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...