JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

Hubungan antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar Guling Depan Siswa SD

Hasni Hasni (universitas muhammadiyah kalimantan timur)
Jeane Betty Kurnia Jusuf (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Januar Abdilah Santoso (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Teknik guling depan terlihat sederhan, namun tidak semua siswa dapat melakukanya. Banyak faktor yang mempengaruhi guling depan seperti faktor psikologi dan keterampilan motorik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan tingkat percaya diri siswa dengan hasil belajar senam lantai teknik guling depan pada siswa SDN 008 Samarinda Seberang. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, dan instrumen penelitiannya adalah kuesioner dan rubik terhadap kinerja kemampuan guling depan. Subjek pada penilitian ini adalah siswa SDN 008 Samarinda Seberang dengan populasi berjumlah 654 siswa, sampel pada penelitian ini siswa kelas III. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,896, dimana didalam pedoman derajat hubungan menunjukkan bahwa kedua data berkorelasi sempurna dengan arah hubungan yang positif dan dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 42,694 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka variable percaya diri (X) berpengaruh terhadap variable hasil belajar guling depan (Y). Dapat disimpulkan bahwa tingkat percaya diri siswa memiliki pengaruh positif dan sig nifikan terhadap hasil belajar teknik guling depan dalam senam lantai. Dengan demikian perlu adanya program yang mendukung pengembangan percaya diri siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar menajdi lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...