Kybernology : Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik
Vol. 2 No. 1 (2024): Juni 2024

PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL, JUAL BELI DAN SEWA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2018 – 2022)

Fellia Eka Oktaviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Menurut UU Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang bank syariah yaitu lembaga bank yang menjalankan usaha berdasarkan ajaran syariah. Prinsip bank syariah memiliki ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan ajaran Islam, termasuk di antaranya larangan atas bunga (riba) dan aktivitas yang dianggap haram oleh hukum Islam. Bank syariah berkomitmen untuk beroperasi secara etis dan sesuai dengan panduan syariah, sehingga produk dan layanannya berbeda dengan bank konvensional. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiayaan bagi hasil, jual beli dan sewa pada kinerja keuangan (ROA) pada bank umum syariah. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan peneliti. Terdapat  12 unit bank umum syariah dalam populasi penelitian. Akan tetapi hanya tersisa 7 unit sampel yang sesuai dengan kriteria yang digunakan. Laporan keuangan tahunan merupakan data yang dipakai dalam penelitian yang terdapat pada ojk.go.id. Selain itu, analis regresi linier adalah teknik yang digunakan. Sehingga menghasilkan pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli berpengaruh pada kinerja keuangan dan pembiayaan sewa tidak berpengaruh pada kinerja keuangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kybernology

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus : Kybernology Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik adalah Jurnal nasional yang fokus pada Bidang Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Publik. Jurnal ini menerima manuskrip hasil penelitian/riset dan hasil kajian literatur (literatur review). Scope : Administrasi Publik Kebijakan ...