Media sosial berperan besar sebagai media komunikasi yang efektif untuk meningkatkan keterikatan pelanggan hingga kunjungan ke situs web ritel daring. Penelitian ini menguji besarnya pengaruh jumlah pengikut tiga media sosial yakni Twitter, Instagram, dan Facebook terhadap rata-rata kunjungan situs web bulanan ritel daring di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data peta persaingan ritel daring di Indonesia yang diterbitkan oleh Iprice Insights. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pengikut Twitter dan Facebook tidak berpengaruh pada kunjungan situs web ritel daring. Di sisi lain, jumlah pengikut Instagram berpengaruh positif pada kunjungan situs web ritel daring. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa jumlah pengikut Twitter, Instagram, dan Facebook secara simultan berpengaruh positif pada kunjungan situs web ritel daring. Penelitian di masa mendatang bisa mempertimbangkan aspek penggunaan aplikasi ritel daring pada smartphone dan bisa dilakukan pada situs web dan media sosial UMKM.
Copyrights © 2022