Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Pagimana

Hidayat Maladjai (Universitas Negeri Gorontalo)
Sri Endang Saleh (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Radia Hafid (Universitas Negeri Gorontalo)
Agil Bahsoan (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Pagimana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Pagimana. Nilai koefisien determinasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya sebesar 0.291, nilai ini berarti bahwa sebesar 29,1% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh penerapan kurikulum merdeka belajar. Dengan kata lain semakin baik penerapan kurikulum merdeka belajar, maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun sisanya dipengaruhi variabel lainya yang tidak di teliti dalampenelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...