Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Meningkatkan Literasi Digital Marketig Bagi Pelaku UMKM di Dusun Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta

Marsela Yunita Maan (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Endang Sri Utami (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Globalisasi dan kemajuan teknologi mendorong transformasi dunia usaha, di mana digital marketing melalui media sosial menjadi strategi utama. Di Indonesia, UMKM berperan penting dalam perekonomian nasional. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Dusun Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul selama satu bulan (April-Mei 2024) dengan tujuan meningkatkan literasi digital marketing bagi pelaku UMKM.Kegiatan pengabdian ini meliputi penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat masih memiliki keterbatasan pemahaman terkait perbedaan digital marketing dengan promosi biasa, platform dan strategi yang tepat, serta pentingnya data dan analisis. Kesalahpahaman umum adalah bahwa digital marketing hanya untuk bisnis besar.Oleh karena itu, edukasi dan pelatihan digital marketing yang berkelanjutan diperlukan untuk meningkatkan literasi masyarakat. Hal ini penting untuk membantu mereka memanfaatkan peluang digital marketing secara optimal dan tidak terjebak dalam pola promosi yang kurang efektif. Kata Kunci: Digital Marketing, Literasi Digital, Pelatihan, Pendampingan, UMKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...