Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pelaksanaan Pemasaran Pendidikan Di MTS An- Nuur Palembang

Arif Purnawan (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardiah Astuti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Dian Syafitri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Pemasaran Pendidikan di MTs An-Nuur Palembang”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTs An-Nuur Palembang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTs An-Nuur Palembang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTs An-Nuur Palembang dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTs An-Nuur Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu, Kepala Sekolah, WAKA Humas dan Kepala Tata Usaha MTs An-Nuur Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi waktu, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pemasaran pendidikan di MTs An-Nuur Palembang meliputi: Product (Produk) yang sudah berjalan dengan benar, Price (harga) yang ditentukan sekolah sudah efisien, Place (lokasi) yang direncanakan dan dibuat sudah strategis untuk proses pembelajaran namun belum tepat untuk pemasaran, cara promotion (promosi) sekolah sangat menarik karena menggunakan teknologi modern yang sudah berkembang saat ini, people (orang) ataupun seluruh tenaga pendidik sekolah sudah memenuhi syarat sebagai guru yang profesional, procces (proses) yang dilakukan sekolah sudah baik dan physical evidence (bukti fisik) semuanya sudah digunakan sesuai kebutuhan dengan baik. Adapum semua faktor pendukung sudah berjalan dengan baik, diantaranya: mempunyai tim yang profesional sehingga sangat membantu berjalannya kegiatan belajar mengajar dengan efektif, biaya sekolah yang terjangkau sehingga wali siswa tidak keberatan memasukan anaknya ke sekolah tersebut serta tenaga pendidik yang berkualitas membuat kemajuan di sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya ruang belajar/kelas karena kapasitas siswa yang semakin meningkat disetiap tahun, namun daripada itu sekolah telah berusaha mencari solusi dengan menggunakan tempat yang ada untuk sementara waktu sampai menunggu selesai pembangunan kelas baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...