Erudio: Journal of Educational Innovation
Vol 2, No 2 (2014): ERUDIO (JOURNAL OF EDUCATIONAL INNOVATION)

PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI SLTA (Studi Persepsi Guru-guru Fisika SLTA di Kabupaten Lombok Timur)

Gancang Saroja (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya, Malang)
Ahmad Nadhir (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya, Malang)
Sukir Maryanto (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya, Malang)
Didik Rahadi Santoso (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya, Malang)
Setyawan P. Sakti (Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2016

Abstract

Proses pembelajaran ilmu Fisika akan lebih menarik dan mudah dipahami siswa jika didukung dengan kegiatan praktikum dan eksperimen di laboratorium. Terkait dengan keterbatasan sarana laboratorium sekolah di SLTA Kabupaten Lombok Timur, Tim Pengabdian  jurusan Fisika UB melakukan kegiatan pelatihan pembuatan alat peraga fisika bagi para guru-guru fisika.Dalam penelitian ini dilakukan studi persepsi, dimana kepada para peserta diberikan angket sebelum dan setelah kegiatan. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah pengukuran tingkat relevansi materi kegiatan yang di sampaikan terhadap kebutuhan guru, pengukuran tingkat kepuasan dari guru yang berperan sebagai peserta, serta umpan balik dan saran dari guru peserta pada tim pengabdianHasil studi menyatakan bahwa materi kegiatan sangat relevan terhadap kebutuhan guru-guru anggota MGMP Fisika di Kabupaten Lombok Timur. Selain itu, para peserta menyatakan bahwa kegiatan sangat memberikan manfaat bagi proses pembelajaran fisika. Sebagai umpan balik, peserta berharap adanya kegiatan yang sama di Lombok Timur dengan durasi waktu kegiatan yang lebih panjang. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

erudio

Publisher

Subject

Education

Description

Erudio merupakan Journal of Educational Innovation yang memiliki misi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian, kajian-kajian dan atau inovasi yang berkualitas dalam bidang pendidikan dan pembelajaran dari segala aspek. guna mempercepat transfromasi dan implementasi ilmu dan teknologi pendidikan ...