Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman kurikulum, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus V Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasi. Penelitian ini dilaksanakan SD di Gugus V Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan dengan sampel yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Hasil analisis membuktikan bahwa pemahaman kurikulum tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,688 < 0,05. Motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Copyrights © 2024