Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan studi komparatif implementasi manajemen mutu sekolah berfokus pada standar pendidikan dan tenaga kependidikan di SMP Negeri Pada Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif terbagi menjadi empat bagian, yaitu data collection, data reduction, data display dan data verification. Hasil penelitian membuktikan bahwa di SMPN 2 Labuhanhaji Timur dan SMPN 3 Labuhanhaji Timur manajemen mutu secara umum sudah berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen sebagai upaya meningkatkan mutu sekolah. Semua sumber daya yang dimiliki sekolah dapat diorganisasikan secara langsung oleh sekolah, yang selanjutnya dilaksanakan secara komprehensif oleh semua elemen sekolah sehingga menghasilkan output yang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan.
Copyrights © 2024