Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi akademik kepala sekolah berbasis model klinis dalam meningkatkan mutu sekolah di SD Negeri Gugus VII di Kecamatan Tapaktuan. Metode penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian penerapan supervisi akademik model klinis kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu sekolah secara umum, yaitu supervisi akademik model klinis kepala sekolah dilakukan dalam rangka menumbuhkan mutu pembelajaran. guru kelas dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Mutu guru dibina dan dikembangkan melalui kegiatan peningkatan mutu berupa Workshop, In House Training, Webinar, Diklat, Pembinaan, semua kegiatan terjadwal rapi dalam Rencana Kerja Kepala Sekolah. Pengembangan Mutu Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah, guru dan siswa yang merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu tercapainya pembelajaran yang berkualitas yang terlihat dari tercapainya kriteria ketuntasan minimal, kemampuan siswa bersaing pada setiap ajang. dan juga kemampuan guru dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan inspiratif.
Copyrights © 2024