Kartika : Jurnal Ilmiah Farmasi
Vol 4 No 1 (2016)

PENGARUH KEPUASAN TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) JASA PELAYANAN KONSELING OLEH APOTEKER DI APOTEK

Mariska Sri Harlianti (Bagian Farmakologi dan Farmasi Klinis Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Tri Murti Andayani (Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)
Diah Ayu Puspandari (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2016

Abstract

ABSTRAK Konseling merupakan salah satu pelayanan farmasi klinik yang dilakukan oleh apoteker di apotek. Konseling bertujuan memberi edukasi tentang pemahaman pasien terhadap terapi yang dijalaninya, meningkatkan kepatuhan, memotivasi pasien untuk ikut ambil bagian dalam kesehatannya serta meningkatkan cost effectiveness. Kebutuhan masyarakat terhadap konseling meningkat seiring dengan perkembangan penyakit dan permasalahan di bidang kesehatan, khususnya bidang kefarmasian. Hal ini merupakan tantangan bagi apoteker untuk memberikan pelayanan konseling yang berkualitas, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada masyarakat. Kepuasan dan kemauan membayar (Willingness to Pay / WTP) dapat menggambarkan kualitas konseling berdasarkan preferensi masyarakat. Hubungan antara WTP dan kepuasan berlangsung sepanjang waktu sehingga memberikan dampak positif terutama dari aspek bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional melalui survei. Data diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada 82 pasien yang berkunjung ke apotek di wilayah Sukoharjo dan telah mendapatkan pelayanan konseling oleh apoteker. Kepuasan diukur berdasarkan 4 dimensi, yaitu : tangible, reliability, responsiveness dan assurance. WTP jasa konseling apoteker di apotek diukur menggunakan metode payment card. Pengaruh kepuasan terhadap WTP jasa pelayanan konseling oleh apoteker di apotek dianalisis menggunakan pearson correlation (p-value < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tidak berpengaruh terhadap WTP jasa pelayanan konseling oleh apoteker di apotek (p-value = 0,943). Kata Kunci: kepuasan, konseling apoteker, kemauan membayar, willingness to pay

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kjif

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi (KJIF) merupakan media publikasi ilmiah dalam bidang kefarmasian yang diterbitkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani, bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI Jawa Barat). Ruang lingkup artikel yang diterbitkan adalah: Farmasetika, Kimia ...