An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah
Vol 4 No 2 (2018): An-Nisbah

ANALISIS DAMPAK BRAND LOYALTY, BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP CUSTOMER VALUE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN TULUNGAGUNG




Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

Abstrak     Kata kunci: Brand Loyalty, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association ,Customer Value Abstraksi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (1) dampak brand loyalty terhadap customer value pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (2) dampak brand awareness terhadap customer value pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (3) dampak perceived quality terhadap customer value pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung; (4) dampak brand association terhadap customer value pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung dan dampak secara simultan brand loyalty, brand awareness, perceived quality dan brand association terhadap customer value pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung. Awal mula penelitian ini berasal dari variabel kesetiaan merek, kesadaran merek, kesan  berkualitas dan asosiasi merek diharapkan mampu meningkatkan nilai pelanggan. Hal ini karena pandangan  tentang perguruan tinggi merupakan pembahasan yang sangat luas agar bisa menjadi sumbangsih bagi mahasiswa agar merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif berjenis eksplanotry research,  dengan tipe hubungan kausalitas pada variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel non probabalitas yaitu sesuai pertimbangan-pertimbang tertentu, dengan tidak memberikan peluang yang sama terhadap anggota populasi untuk menjadi sampel. Sampel yang  diambil mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah dan Manajemen Zakat dan Wakaf berjumlah 359 responden berdasar perhitungan Slovin.  Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 21. Hasil perhitungan regresi linier berganda menyajikan bahwa semua hipotesis, yaitu:  brand loyalty, brand awareness, perceived quality dan brand association baik secara parsial maupun simultan mempunyai dampak yang signifikan terhadap customer value. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pada pembahasan, maka direkomendasikan: (1) perlu perhatian khusus terkait tempat kuliah yang nyaman, failitas fisik perkuliahan seperti LCD yang baik, staf administrasi yang selalu memberikan pelayanan sepenuh hati pada mahasiswa dan  silabus perkuliahan yang selalu mengikuti perkembangan jaman atau yang diperlukan oleh dunia kerja; (2) menambah intensitas promosi atau berkampanye baik melalui iklan di media cetak maupun online dengan sering melakukan kegiatan sponsorship yang berkaitan dengan pendidikan,  seperti seminar  tentang pendidikan, olahraga dan seni; (3) peningkatan kedisiplinan staf dengan tidak meninggalkan ruang pelayanan administratif saat jam-jam kerja dan (4) tetap bisa mempertahankan mahasiswa yang ada, sebaiknya kualitas pelayanan di tingkatkan dan dijaga.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nisbah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah is a scientific journal contains original works from lecturers, researchers, students and other concerned parties who have not been published or are not on the publication in the form of articles on the research and conceptual ideas on the subject of sharia economy. ...