Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 14, No 1 (2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. CABANG TALUN KENAS DELITUA

Tarigan, Eka S. (Unknown)
Tamba, Darwis (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Talun Kenas. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Britama dan Simpedes pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Talun Kenas tahun 2013 sebanyak 2.050 orang. Sampel penelitian diambil 115 orang. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah adalah fasilitas ATM, jaminan simpanan nasabah, kecepatan pelayanan nasabah, kebanggaan menjadi nasabah, kemudahan penarikan tunai, keramahan pegawai, lokasi strategis, biaya administrasi kartu ATM dan suku bunga tabungan. Dari kesembilan faktor tersebut, yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah adalah fasilitas ATM.

Copyrights © 2014