JIAR
Vol 7 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah Vol. 7 No. 2, Juni 2024

PERAN MANAJEMEN ASET TETAP DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus BPKAD Kabupaten Bangkalan)

Maulinda Safitri (Universitas Trunojoyo Madura)
Fifin Nur Halizah (Universitas Trunojoyo Madura)
RA Nurur Rohmah Aidatul Fitriyah (Universitas Trunojoyo Madura)
Alvin Kurniawan (Universitas Trunojoyo Madura)
Mohamad Djasuli (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Aset tetap merupakan salah satu permasalahan yang sering menjadi perhatian dalam penyusunan dan pelaporan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), karena mempunyai nilai investasi relatif signifikan dan komponen kekayaan terbesar sehingga perlu dilakukan manajemen aset tetap untuk menciptakan kewajaran laporan keuangan, akan tetapi dalam manajemen aset tetap tidaklah mudah dan perlu ditunjang oleh pengendalian internal yang sesuai dengan peraturan. Pengendalian ini pastinya dirancang guna dalam memberikan sebuah keyakinan untuk satu tujuan yang salah satunya untuk keandalan atas pelaporan keuangan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai peran manajemen aset tetap dan pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder yang diperoleh melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen aset tetap dan pengendalian internal memiliki peran terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah (e-ISSN: 2620-6110) is a peer reviewed journal published two times a year by Institut Rahmaniyah Sekayu (IRS). The aims of JIAR is to diseeminate the conceptual frame and ideas or research related accountancy, economy, business, and ...