Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non eksperimental menggunakan analisis regresional dengan desain penelitian metode Ex post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket/kuesioner, wawancara, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan persamaan regresi yang telah dianalisis dari Gaya Belajar (X) terhadap Hasil Belajar IPS (Y) yaitu Y = 18.602 + 0.972x, yang mana menunjukkan bahwa setiap adanya kenaikan sebesar satu satuan dari Gaya Belajar (X) maka akan mengakibatkan kenaikan sebesar 0.972 terhadap Hasil Belajar IPS (Y). Maka dari itu, hipotesis yang berbunyi “Adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar.” Diterima.
Copyrights © 2023