Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Design penelitian yang akan digunakan yaitu Eksperimen, dengan bentuk Pre-eksperimental Design yang menggunakan design “one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak yang berjumlah 24 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test. Data diuji menggunakan analisis berbantuan SPSS versi 21. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah diuji dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (47.29) dan posttest (80). Dan hasil thitung sebesar 7.361 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 095557 Sinaksak.
Copyrights © 2024