Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 125546 Pematangsiantar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen . Desain pada penelitian ini adalah one group pretest - post test. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas penelitian saja. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan test (Pretest dan Posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh taraf signifikansi (-2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Dan diperoleh nilai thitung ( 17,38) > ttabel (1, 71) maka maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri 125546 Pematangsiantar.
Copyrights © 2024