Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 122358 Sumber Jaya II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan design Pre-Experimental dengan metode one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122358 Sumber Jaya II pada siswa kelas V dengan jumlah populasi dan sampel 29 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik, dari hasil analisis data diperoleh taraf sinifikan 0,00 < probabilitas (0,05) dan thitung =12,736 > ttabel =2,04841. Maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 122358 Sumber Jaya II”.
Copyrights © 2024