Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 091607 Sinaksak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091607 Sinaksak berjumlah 33 orang dan sampel pada penelitian ini juga adalah seluruh siswa kelas V SDN 091607 Sinaksak yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, uji t, uji koefesien determinasi. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan hasil uji koefisien determinasi 52% pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa serta hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 5,77 > 1,69 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Copyrights © 2024