HARENA: Jurnal Gizi
Vol 3 No 3 (2023): HARENA: Jurnal Gizi (Agustus 2023)

Perbedaan Pemberian Larutan Gula Pasir dan Larutan Gula Aren Terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu Tikus Wistar Jantan (Rattus Norvegicus) :

Dwi Risma Fitrotus Soleha (mahasiswa)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Gula tergolong karbohidrat sederhana karena dapat larut dalam air dan langsung diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Jenis gula yang digunakan pada penelitian ini yaitu gula pasir dan gula aren dengan variasi dosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan mberian larutan gula pasir dan larutan gula aren terhadap kadar gula darah sewaktu pada tikus wistar jantan (Rattus Norvegicus). Jenis penelitian adalah eksperimental murni (true experimental laboratory design) dengan rancangan penelitian pretest posttest with control group design. Sampel dalam penelitian yaitu tikus wistar jantan (Rattus Norvegicus) sebanyak 25 ekor yang di kelompokkan menjadi 5 kelompok. Kelompok Perlakuan yaitu P1 dan P2 diberi gula aren dengan dosis 4,5 gram/hari dan gula pasir dosis 4,5 gram/hari. Sedangkan pada P3 dan P4 diberi gula aren dengan dosis 2,25 gram/hari dan gula pasir dosis 2,25 gram/hari serta kelompok kontrol (K) tanpa perlakuan. Pengambilan darah pertama (pre-test) dilakukan setelah adaptasi dan sebelum diberi perlakuan. Pemberian larutan gula pasir dan larutan gula aren dilakukan selama 28 hari, dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah (post-test). Data pemeriksaan gula darah dianalisis menggunakan uji One Way Anova dan Uji Paired T-Test. Hasil penelitian terdapat perbedaan gula darah yang signifikan pada kelompok P2 (p<0,05), peningakatan gula darah sebelum perlakuan 111 mg/dl menjadi 123,40 mg/dl. Peningkatan kadar gula darah sewaktu yang tertinggi yaitu pada kelompok P1 dimana hasil pemeriksaan kadar gula darah sebelum perlakuan 112,20 mg/dl dan setelah perlakuan meningkat menjadi 126,80 mg/dl. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosis 4,5 ml/hari gula aren meningkatkan gula darah paling tinggi pada tikus. Kata kunci: Gula Pasir, Gula Aren, Gula Darah Sewaktu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

harena

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Public Health

Description

HARENA : Jurnal Gizi provides a platform for the discussion of Health and Nutritions and or related to it with a range of themes such as: clinical nutrition, nutritionist, public health nutritionists, registered dietitians, functional food, nutrition and ...