Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi
Vol. 1 No. 3 (2023): Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi

PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN BOREDOM PRONENESS TERHADAP KEINGINAN MENAMBAH KECEPATAN PADA PENGEMUDI TRANS METRO DEWATA

Kadek Dandi Chandra Kusuma (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Ni Putu Pande Widiari (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Kadek Surya Kencana Giri (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Dinda One Mulyaningtyas (Politeknik Transportasi Darat Bali)
Surya Aji Ermanto (Politeknik Transportasi Darat Bali)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Traffic Accident is an unexpected event involving a vehicle resulting in human casualties and loss of property. This study aims to determine the effect of locus of control on boredom proneness, the effect of boredom proneness on the desire to increase speed, and to determine the effect of locus of control on the desire to increase speed for Trans Metro Dewata drivers. The questionnaire is a way of collecting data that is done by giving several questions to the driver to answer. The distribution of the questionnaire was carried out online using the google form media. While locus of control and boredom proneness have a low effect on the desire to increase speed (12.7%). Based on the overall data from the SEM method, locus of control has a low effect on boredom proneness of 5%. Based on the overall data obtained from the SEM method, locus of control and boredom proneness affect the desire to increase speed by 12.70%. ABSTRAK Kecelakaan Lalu Lintas adalah peristiwa yang tidak diduga melibatkan kendaraan mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap boredom proneness, pengaruh boredom proneness terhadap keinginan menambah kecepatan, dan mengetahui pengaruh locus of control terhadap keinginan menambah kecepatan pada pengemudi Trans Metro Dewata. Kuesioner adalah cara pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pengemudi untuk dijawab. Penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online dengan media google form. Sedangkan locus of control dan boredom proneness berpengaruh rendah terhadap keinginan menambah kecepatan (12,7%). Berdasarkan data keseluruhan dari metode SEM, locus of control memiliki pengaruh rendah terhadap boredom proneness sebesar 5%. Berdasarkan data keseluruhan yang didapatkan dari metode SEM, locus of control dan boredom proneness mempengaruhi keinginan menambah kecepatan sebesar 12,70%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BerkalaFSTPT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Social Sciences Transportation

Description

Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (Berkala FSTPT) merupakan jurnal sumber terbuka yang memuat artikel ilmiah bidang transportasi lintas disiplin ilmu. Diterbitkan Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember bersama Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ...