Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi
Vol. 2 No. 3 (2024): Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi

Sistem Pelaporan Kecelakaan Bus Berbasis Indikator Airbag

Ario Chandra Purpratama (Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD)
Farid Hanifan (Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD)
Reyno Elvin Albarokah (Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD)
Sri Sarjana (Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Agility in handling accidents is required to reduce the number of fatalities through a safety system capable of transmitting accident data and information in real time. This study aims to determine the design, working methods, and testing of a bus accident reporting system by using experimental research methods. This research covered literature, system design and design, application development and electronic assembly, tool testing, and evaluation. This bus accident reporting system consists of hardware, sensor systems, location determination systems, IoT systems, and software, which consists of Android applications with accident lists and action features. To achieve the desired success, testing is required in the form of a limit switch sensor, GPS module, and application tests. The test results show that the sensor can run properly, as indicated by the small difference in latitude and longitude between Google Maps and the GPS module, and notifications can run in real-time when an accident occurs. ABSTRAK Kesigapan penanganan kecelakaan dibutuhkan untuk menekan angka korban jiwa melalui sistem keselamatan yang mampu mengirimkan data dan informasi kecelakaan secara realtime. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui rancangan, cara kerja, dan pengujian sistem pelaporan kecelakaan bus dengan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan meliputi studi literatur, desain dan perancangan sistem, pembuatan aplikasi dan perakitan elektronik, pengujian alat, serta evaluasi. Sistem pelaporan kecelakaan bus ini terdiri atas perangkat keras yang terdiri dari, sistem sensor, sistem penentu lokasi, sistem IoT dan perangkat lunak yang terdiri dari aplikasi android dengan fitur daftar kejadian kecelakaan dan fitur tindakan. Untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan, diperlukan pengujian berupa uji sensor limit switch, uji modul GPS, dan uji Aplikasi. Hasil pengujian ditemukan bahwa sensor dapat berjalan dengan baik yang ditandai dengan sedikitnya selisih perbedaan latitude dan longitude antara Google Maps dan modul GPS, serta notifikasi dapat berjalan realtime seiring terjadinya kecelakaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BerkalaFSTPT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Social Sciences Transportation

Description

Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (Berkala FSTPT) merupakan jurnal sumber terbuka yang memuat artikel ilmiah bidang transportasi lintas disiplin ilmu. Diterbitkan Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember bersama Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ...