Semesta
Vol. 2 No. 1 (2024): Maret 2024

Penerapan Metode Latihan Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Konsumsi Dan Investasi

Wasi'ah (IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Proses belajar yang baik adalah proses belajar mengajar yang mencerminkan suasana yang kondusif dimana pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru, tetapi lebih banyak melibatkan siswa sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Beranjak dari itu, suasana kelas yang tidak kondusif seperti guru hanya monoton dalam melakukan pembelajaran, dan siswa terlihat bosan dalam melaksanakan pembelajaran maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode latihan terbimbing dalam meningkatkkan motivasi belajar siswa kelas X pada pokok bahasan konsumsi,tabungan dan investasi di MA Darul Anshor Batu Nyala Tahun Pelajaran 2010/2011. Sasaran dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X MA Darul Anshor Pegading Batunyala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik lembar tes, observasi dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peggunaan metode latihan terbimbing siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dengan adanya latihan terbimbing ini siswa merasa lebih diperhatikan oleh guru. Selanjutnya, data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa adalah 69,06% sedangkan pada siklus II, metivasi belajar belajar siswa meningkat menjadi 79,90%. Dari itu dengan adanya penggunaan metode latihan terbimbing siswa dapat lebih meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsumsi dan investasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semesta

Publisher

Subject

Education

Description

SEMESTA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran [e-ISSN: 2986-8874] adalah Jurnal Open Access yang diterbitkan oleh Yayasan Alpatih Harapan Semesta. SEMESTA membahas terkait tentang dinamika ilmu pendidikan dan pengajaran yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat Pendidikan dasar, menengah ...