Journal of Social and Scientific Education
Volume 1 Issue 2 June 2024

Penggunaan Whatsapp dan Youtube dalam Pembelajaran Matematika

Nurwahida Nurwahida (Institut Agama Islam Negeri Pare-Pare)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi whatsapp dan youtube dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, yakni meriew tulisan atau jurnal – jurnal yang relevan dengan judul penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa dokumen jurnal hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Whatsapp dan youtube berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu, guru juga dapat memanfaatkan aplikasi Whatsapp dan Youtube sebagai alat bantu dalam pembelajaran di era teknologi saat ini, untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran matematika pada saat pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai efektif karena pengunaan aplikasi ini yang mudah serta fitur-fiturnya yang mendukung, penggunakan video pembelajaran yang ada di aplikasi youtube, dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dibandingan kelas yang menggunakan media pembelajaran papan tulis. penggunaan whatsapp dan youtube  juga memiliki efek positif dan dampak negatif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

josse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JOSSE: Journal of Social and Scientific Education is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and Human ...