IPSIKOM
Vol 2, No 1 (2014): JUNI

MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN HARGA PRODUK FURNITURE (Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya)

Jumiran . (STMIK INSAN PEMBANGUNAN)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

ABSTRAKPada era globalisasi saat ini persaingan bisnis dibidang usaha manufacturer sangat ketat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi informasi, menyebabkan berkembangnya design dan variasi produk khususnya furniture yang pada kenyataannya cukup signifikan. Kecanggihan yang mampu dihasilkan oleh sebuah software dalam mendesign suatu produk, membuat PT. Trifoli Kayakarya berbenah diri dalam mengikuti persaingan bisnis tersebut. Kecepatan dan integritas sudah tidak dapat ditawar lagi. Pemberian informasi yang cepat dan akurat menjadi parameter yang sangat penting terhadap berlangsungnya proses bisnis suatu perusahaan. Salah satu temuan yang menjadi kendalautama pada PT. Trifoli adalah lambatnya sistem perhitungan harga produk sehingga berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis, termasuk hubungan customer dan supplier. Dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) membantu kepada decision makers dalam pengambilan keputusan. Metode AHP dalam penentuan harga produk furniture di PT. Trifoli Kayakarya sangatlah tepat mengingat dalam metode tersebut menggunakan beberapa kriteria (multi criteria). Hal senada dalam mencapai keakurasian yang tinggi dalam menentukan harga suatu produk, tentunya semakin banyak juga kriteria-kriteria yang diperlukan seperti ukuran produk, bahan baku utama yang digunakan, bahan pembantu, proses produksi, finishing, packing dan delivery, semuanya dapat dihitung secara detail. Sistem pengambilan keputusan ini membutuhkan bantuan teknologi informasi, penggunaan metode AHP menjadi solusi yang dapat membantu para decision makers untuk mengambil keputusan dalam penentuan perhitungan harga produk secaracepat dan mempunyai keakurasian yang tinggi.Kata kunci : teknologi informasi, manufacturer, multi criteria, decision makers, Analytical Hierarchy ProcessABSTRACTIn the current era of globalization in business, business competition is very tight manufacturer. So also with the development of information technology, led to the development of design and variety of products, especially furniture that is in fact quite significant. Sophistication that can be produced by a design software in a product, make PT. Trifoli Kayakarya improve itself in following the business competition. Speed and integrity are not negotiable. Provision of information quickly and accurately to be a very important parameter in the implementation of business processes of an enterprise. One of the findings that a major constraint on the PT. Trifoli is the latest product price calculation system which adversely affects the continuity of the business, including customer and supplier relationships. With Analytical Hierarchy Process (AHP) to help the decision makers in decision making. AHP method in product pricing furniture in PT. Trifoli Kayakarya is appropriate given the method of using multiple criteria (multi-criteria). The same thing in achieving a high accuracy in determining the price of a product, of course, more and more is also required criteriasuch as the size of the product, the main raw material used, auxiliary materials, production processes, finishing, packing and delivery, all of which can be calculated in detail. This decision system needs help of information technology, the use of AHP method is a solution that can help the decision makers to make decisions in determining product pricing calculations rapidly and has a high accuracy.Keywords: information technology, manufacturer, multi criteria, decision makers, Analytical hierarchy Process

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ipsikom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Insan Pembangunan Indonesia sejak Juni 2013. IPSIKOM memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer. IPSIKOM berkomitmen untuk memuat ...