Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK
Vol. 4 No. 1 (2024): Edisi Januari 2024

Pelatihan Pembelajaran Computational Thinking Untuk Guru SMP 1 Negeri Baleendah

Aprianti Nanda Sari (Politeknik Negeri Bandung)
Trisna Gelar (Politeknik Negeri Bandung)
Hashri Hayati (Politeknik Negeri Bandung)
Lukmannul Hakim Firdaus (Politeknik Negeri Bandung)
Ade Hodijah (Politeknik Negeri Bandung)
Muhammad Riza Alifi (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Salah satu misi dari SMP Negeri 1 Baleendah adalah melaksanakan proses belajar dan bimbingan secara efektif yang dapat menggali seluruh potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat menghasilkan siswa yang berprestasi. Peningkatan prestasi siswa dapat diraih dengan berbagai cara, salah satunya dengan peningkatan kompetensi Computational Thinking (CT). Aktifitas CT dengan format permainan dan multidisiplin dapat meningkatakan kreativitas dari siswa. Pemberian pelatihan aktifitas CT Unlugged seperti Lego-Clone dan Educational Robot dan Plugged dengan pengembangan games, animasi, dan video dengan media Scratch dapat meningkatan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang kreatif dan menarik. Tahapan pengabdian terdiri dari analisa situasi dan kebutuhan, perancangan bahan ajar pelatihan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan peserta pelatihan, evaluasi dan capstone project. Dari hasil evaluasi, kemampuan CT guru yang mengikuti pelatihan meningkat. Selain itu, guru-guru yang mengajar mata Pelajaran berbeda berhasil berkolaboarsi mengembangkan bahan ajar sederhana berbasis CT yang multidisiplin menggunakan Scratch. Selain melakukan pelatihan, Guru berhasil menyelesaikan Capstone Project yang berupa Implementasi CT untuk bahan ajar mulai dari inisiasi ide, pembuatan bahan ajar dan implementasi pada kegiatan belajar mengajar pada masing-masing kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

adbimasiptek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal for publication of the results of Community Service Based on the Application of Science and Technology. The journal provides direct open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of ...