Jurnal Cakrawala Bahari
Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Cakrawala Bahari

Upaya peningkatan pelayanan jasa kapal pada pt. pertamina tongkang cabang tanjung perak Surabaya

Jose Beno (Program Studi Diploma IV Transportasi Laut)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2020

Abstract

Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai upaya peningkatan pelayanan jasa kapal di PT. Pertamina Tongkang. Masalah yang dihadapi dalam peningkatan kualiatas pelayanan jasa adanya kesenjangan dalam hal ketrampilan, kurangnya kerjasama dari berbagai divisi, dan pendidikan serta pelatihan keahlian yang kurang. Pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina Tongkang dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia para pegawai yang dirasakan penting agar para pegawai mampu beradaptasi terhadap situasi dan kondisi pada saat ini. Dari hasil kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina Tongkang terhadap para pegawai diharapkan agar mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa dan bersaing dengan perusahaan perusahaan BUMN maupaun Swasta lainnya.Maka penulis dapat memberikan saran bahwa untuk lebih meningkatkan pelayanan jasa,perlu diadakan dan ditingkatkan lagi pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai agar kualiatas Sumber Daya Manusia meningkat serta,dibuat peraturan-peratuaran yang belum ada,dan ditingkatkan kedisiplinannya agar dapat memberikan pelayanan jasa yang memuaskan terhadap pengguna jasa dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcb

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering

Description

Jurnal Cakrawala Bahari ISSN: 2809-4727 (Electornic) is a peer-reviewed scientific and open access journal published by Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. The journal is dedicated to disseminating the conceptual thoughts, ideas, and research results that have been achieved in the area of maritime. ...