Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian
Vol 28 No 2 (2021): Agustus

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di The Farmhill Kota Semarang

Ismelya Oktaviana Sidebang (Universitas Diponegoro)
Mukson Mukson (Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang)
Kustopo Budiraharjo (Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan di Perusahaan The Farmhill kota Semarang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa The Farmhill merupakan Perusahaan yang bergerak dalam produksi buah dan sayur yang berada di Kota Semarang. Metode penelitian dilakukan menggunakan metode studi kasus di Perusahaan The Farmhill Semarang. Responden Penelitian di tentukan secara accidental sampling sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur menggunakan kuesioner skala likert. Metode analisis data digunakan dengan analisis Important Performance Analysis (IPA) dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Variabel yang diamati adalah variabel produk dan pelayanan. Karakteristik responden penelitian ini adalah laki-laki sebanyak 22 Jiwa dan Perempuan 78 Jiwa. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 22 Jiwa dan Perempuan 78 Jiwa, mayoritas konsumen berusia 28 - 37 tahun sebesar 39% dan tingkat pendidikan didominasi S1 sebesar 48%. Hasil analisis IPA pada variabel produk bahwa atribut yang ditingkatkan ada 2 atribut yaitu atribut daya tahan dan pengemasan dan atribut yang dipertahankan ada 2 yaitu kinerja dan reabilitas. Pada variabel pelayanan atribut yang ditingkatkan ada 2 atribut yaitu atribut reability dan responsivness dan atribut yang dipertahankan ada 3 yaitu tangibles, emphaty, assurance. Hasil Perhitungan CSI variabel adalah nilai CSI variabel produk sebesar 83,09% (sangat puas) dan nilai CSI variabel pelayanan sebesar 84,42% (sangat puas).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agrolandnasional

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian (P-ISSN: 0854-641X ; E-ISSN: 2407-7607) is a scientific journal published by Tadulako University. This journal specializes in the study of agriculture. The managers invite scientists, scholars, professionals, and researchers in the disciplines of Agriculture to ...