Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian
Vol 29 No 2 (2022): Agustus

Analisis Faktor Pemasaran Online Melalui Aplikasi Sayurbox Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Riequithania Berlliananda Putri (Universitas Diponegoro)
Mukson Mukson (Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang)
Kustopo Budiraharjo (Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pemasaran online-aplikasi Sayurbox terhadap keputusan pembelian buah dan sayur. Metode penilitian yang digunakan adalah survei, pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, pengambilan data responden dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner secara online kepada konsumen yang pernah berbelanja melalui aplikasi Sayurbox sebanyak 100 orang. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS untuk dilakukan uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas desain (x1), sistem pembayaran (x2), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online (x4) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox. Secara parsial kualitas desain (x1), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online secara parsial (x4) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox, sedangkan pada variabel sistem pembayaran (x2) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox. Hasil analisis yang didapatkan dari uji regresi linear berganda, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,464 atau 46,4%. Artinya dalam hal ini bahwa kualitas desain (x1), sistem pembayaran (x2), kualitas informasi (x3) dan reputasi toko online (x4) menjadi pengaruh keputusan pembelian buah dan sayur pada aplikasi Sayurbox sebesar 46,4%, sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrolandnasional

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian (P-ISSN: 0854-641X ; E-ISSN: 2407-7607) is a scientific journal published by Tadulako University. This journal specializes in the study of agriculture. The managers invite scientists, scholars, professionals, and researchers in the disciplines of Agriculture to ...