Tujuan dari penelitian adalah menganalisis proses keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli buah apel impor di pasar modern Transmart Semarang. Penelitian dilakukan secara survai menggunakan 100 responden yaitu konsumen yang berbelanja di 3 Pasar Modern Transmart Semarang. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi logistik. Sebagai variabel dependen (Y) adalah keptusan pembelian, sedangkan variabel independen (X) terdiri dari motivasi, pendapatan, gaya hidup, lokasi tampilan produk dan harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian apel impor terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Faktor motivasi, pendapatan, gaya hidup, lokasi, tampilan produk dan harga secara serempak berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap keputusan pembelian apel impor. Secara parsial motivasi, tampilan produk dan harga berpengaruh signifikan pada taraf (P<0,5), pendapatan berpengaruh signifikan pada taraf (P<0,1) terhadap keputusan pembelian apel impor.
Copyrights © 2022