Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 8, No 2 (2024)

SISTEM AGRIBISNIS USAHA KACANG JARUK DI DESA TELUK MESJID KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH (Studi Kasus Kacang Jaruk Dua Putri)

Nahdatul Hikmah (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Ahmad Yousuf Kurniawan (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)
Usamah Hanafie (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Salah satu agroindustri yang dikembangkan di Kabupaten HuluSungai Utara adalah industri kacang jaruk yang berjumlah 15industri. Salah satunya Usaha Kacang Jaruk Ibu Norlaila dengannama merk Kacang Jaruk Dua Putri adalah salah satu yang cukupberkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pasokandan harga bahan baku utama, keuntungan, kelayakan, saluranpemasaran. Metode yang akan digunakan dalam memilih respondenpengusaha kacang jaruk dan pemasok kacang tanah adalahpurposive sampling dan penentuan responden penjual dengan tekniksnowball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha kacang jarukmengeluarkan total biaya Rp 484.340.913 yang terdiri dari 15,6%biaya tetap dan 84,4 % biaya variabel. Penerimaan dalam selamatahun 2022 Rp 707.576.000, keuntungan Rp 223.235.087 dankelayakan RCR 1,46. Margin pemasaran termasuk perantara tingkatsatu karena dari produsen melalui penjual menuju ke konsumenakhir. Keuntungan yang diterima produsen dalam satu bungkuskemasan plastik klip sebesar Rp 3.000 plastik klip dan 7.000 plastikroll untuk toko/perantara mendapatkan keuntungan sebesar Rp2.000 plastik klip dan 5.000 plastik roll dari konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...