Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 5, No 3 (2021)

ANALISIS PEMASARAN SAPI POTONG DI KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT

Ibnu Husin (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)
Muzdalifah Muzdalifah (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)
Yusuf Aziz (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

KecamatanTakisungmenjadisalahsatusentrasapipotongdiKabupaten Tanah Laut.Pemilihan saluran pemasaranyang pendekmerupakan salah satu sistem pemasaranyang efisien, sehingga akanmenguntungkan peternak dan konsumen.Penelitian inibermaksuduntukmengidentifikasibentuksaluranpemasaransapipotong,mengetahui biaya,keuntungan,danmarginpemasaran,beserta bagianharga(farmer’sshare)yangditerimaprodusensapipotong.Selanjutnyauntukmendeteksiefisiensipemasaranpersaluranpemasaran sapipotongdiKecamatanTakisungKabupatenTanahLaut.Penelitian inidilaksanakandiKecamatanTakisungKabupatenTanahLaut denganresponden peternakdipilihsecara acak terproporsitotalsampel 30daridesa yang dipilihsecara sengaja yaitu DesaSumberMakmur,DesaTakisung danDesaGunung Makmur.Untuk memilihpedagang lokal dan pedagang pemotong digunakan metode snowballsamplingyaituteknikpengambilandatadaripeternakkemudianmenjadi sumber informasi tentang pedagang pengumpul dan pedaganglainnya yang dominan yang dijadikan contoh.Waktu penelitianpadabulan April 2019 hingga Juni 2019.Hasil penelitianada4 bentuksaluran pemasaranternaksapipotongdidaerahKecamatanTakisung,yaitupeternak–konsumen,peternak–pedagangpemotong,danpeternak–pedaganglokal–konsumen,sertapeternak–pedaganglokal–pedagangpemotong–konsumen.Selanjutnyabiaya,keuntungan, dan marjin pemasaran sertafarmer’s shareper ekor untukpersaluran pemasaran yaitu saluran 1 dengan biaya, keuntungan, danmarjin pemasaranRp0 danfarmer’s sharememperoleh hasil100%.Saluran 2 dengan biaya Rp 570.000, keuntungan Rp 4.950.000 danmarjin Rp5.520.000 sertafarmer’s sharememperoleh hasil 73,74%.Selanjutnyasaluran3denganbiayaRp243.000,keuntunganRp457.000 dan marjinRp700.000 sertafarmer’s sharememperolehhasil95,39%.Terakhirsaluran4denganbiayaRp1.766.000,keuntunganRp5.124.000 dan marjinRp5.920.000 sertafarmer’s sharememperolehhasil71,84%.3.Saluranpemasaran1relatifpalingefesien dibandingkan dengan tiga saluran pemasaran lainnya karenamemilikifarmer’s shareterbesar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...