Era Keuniversalan yang terjadi pada periode ini berpengaruh terhadap pertumbuhan business minuman salah satunya adalah kedai kopi. Kedai Kopi Janji Jiwa berdiri ditengah pertumbuhan kafe yang pesat, brand baru bertumbuh dengan skema promotion dan branding yang berbeda-beda untuk memikat daya beli consumer, terutama mahasiswa. Situasi tersebut mengakibatkan persaingan yang kompetitif antara kedai kopi, untuk menegaskan atribut-atribut tertentu, untuk menarik konsumen mahasiswa, dan untuk memutuskan membeli di kedai Kopi Janji Jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa dipengaruhi secara signifikan oleh promosi penjualan, harga, dan pendapatan konsumen. Metode penarikan contoh menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan 69 responden. Metode pengumpulan data memanfaatkan kuesioner. Teknik analisis memanfaatkan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS). Pada penelitian inivariable eksogen (independen) yang digunakan: promosi penjualan (X1), harga (X2), dan pendapatan konsumen (X3), sedangkan variable endogen (dependen) yang digunakan keputusan pembelian(Y). Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi penjualan, harga dan pendapatan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa. Harapannya, dalam penelitian yang akan datang, bisa memperluas penggunaan variable lain seperti rasa, citra merek, dan kualitas produk, untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap dan meluas, serta memperluas sampel penelitian yang belum dicakup dalam penelitian ini seperti konsumen dari luar kampus.
Copyrights © 2023