Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 5, No 3 (2021)

ANALISIS PROFIT DAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA DAGANG PISANG KEJU DI BANJARBARU

Edwin Thomas Ramadhany (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)
Luthfi Luthfi (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)
Nina Budiwati (Program Studi Agribisnis/Jurusan SEP, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Jl. A. Yani km.36, Banjarbaru 70714, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Pisang keju sebagai salah satu produk olahan umumnya dijual dipinggirjalan,sehinggaperlustrategipemasaranagarterjadipeningkatan jumlah yang dipasarkan. Penelitian inimemiliki tujuanuntuk mengetahuibiaya,penerimaansertaprofitpenjualan produkpisangkeju,untukmengetahuistrategipemasarannya,sertamengetahuipermasalahanapayang dihadapi usahapisangkeju diBanjabaru. Penelitian dilaksanakan di Kota Banjarbarupada bulanSeptember sampai Desember 2021.Pemilihan lokasi inidilaksanakandengan carasengaja (purposive) dengan pertimbangandi Banjarbarudidapatkan sebanyak 50 orang penjual pisang keju.Penarikan contohdalam penelitian inidilaksanakandengan metodepurposive sampling.Untuk mengetahuibiaya,penerimaan danprofitpenjualan produkpisangkejumenggunakanrumusekonomipertaniandanuntukmengetahui strategi pemasaran pada usaha pisang keju menggunakananalisis SWOT.Berdasarkan penelitian,rata-rata biaya total usahadagang pisang keju sebesar Rp 396.675,00 per hari dengan rata-ratapenerimaan yang didapat sebesar Rp510.000,00 per hari dan rata-rataprofitsebesarRp113.325,00perharidenganpenjualanpisangsebanyak12,75 kg.Permasalahan yang dihadapi usaha pisang keju diBanjarbaru menyatakan tiga respondenmempunyai masalah ketikamenaiknya harga bahan baku mempengaruhiprofit dari penjualanberkurang.Solusi dari permasalahan dengan cara merubah ukuranpisang keju menjadi sedikit lebih kecil atau mengurangi porsi pisangkeju dalam 1 kotaknya.Empat responden mempunyai masalah ketikamenghadapi pesanan yang meningkatsedangkansimpanan bahanproduksi belum tersedia memenuhi permintaan tersebut, solusi daripermasalahan tersebut yaitu bisa bekerja sama dengan pemasok stokpisangyangberadadidaerahBanjarbaruataudiluardaerahBanjarbaru.Tiga respondenmempunyai masalah kurangnya keahliandalam menggunakan media sosial sebagai upaya promosi produkyangdihasilkan,solusidaripermasahantersebutyaitudenganmengenalkan penggunaan fungsi media sosial dalam meningkatkanpenjualan produk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...