Frontier Agribisnis (Frontbiz)
Vol 7, No 2 (2023)

ANALISIS FINANSIAL USAHA TANAMAN HIAS DI KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU (Studi Kasus Pada Usaha Tanaman Hias Plumeria Florist)

Hidayatulloh, Muhammad Rasyid (Unknown)
Anjardiani, Luki (Unknown)
Septiana, Nurmelati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tanaman hias merupakan salah satu peluang yang dimiliki oleh sektorpertanian yang ada di Indonesia menjadi salah satu peluang yangdimiliki oleh negara Indonesia untuk memajukan perekonomian darisegi agribisnis. Sangat mudahnya tanaman hias untuk tumbuh padakeadaan iklim yang berbeda-beda dan juga mampu berkembang padalahan luas maupun pada lahan yang sempit. Masyarakat dari berbagaikalangan sangat menerima dengan tanaman hias baik untuk dijadikanhiasan maupun untuk diperjual belikan lagi karena mempunyai nilaiekonomi yang tinggi. Kota Banjarbaru sendiri banyak yang membukausaha tanaman hias terutama di Kecamatan Landasan Ulin, olehkarena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitan usaha tanamanhias di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis besaran biaya, besaran penerimaan dankeuntungan serta kelayakan usaha tanaman hias Plumeria Florist yangada di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Penelitiandilaksanakan di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru dimulaidari bulan Juli 2022 sampai dengan bulan Desember 2022. MetodePenelitian yang digunakan ialah studi kasus yang dimana salah satubentuk dari penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitan totalbiaya yang dikeluarkan oleh usaha tanaman hias Plumeria Floristsebesar Rp 314.927.000 dalam periode 6 bulan dan mendapatpenerimaan sebesar Rp 510.538.000 selama periode 6 bulan daribulan Juli 2022 sampai dengan bulan Desember 2022. Sehinggakeuntungan yang didapatkan oleh usaha tanaman hias PlumeriaFlorist sebesar Rp 195.611.000 atau jika dirata ratakan perbulannyamendapatkan keuntungan Rp 32.601.833. Kelayakan usaha tanamanhias Plumeria Florist berada pada Nilai R/C sebesar 1.6 kegiatanusaha tanaman hias Plumeria Florist yang sedang dijalankan cukup menguntungkan untuk dikembangkan kedepannya sebab penerimaanyang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan pengeluarannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fag

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Frontier Agribisnis (Frontbiz) adalah Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM) Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian ULM. Tema jurnal ini mencakup agribisnis secara umum, meliputi: analisis penyediaan input pertanian, analisis usaha tani dan perkebunan, analisis ...