Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 04 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Analisis Wacana Surat-Surat Islam Soekarno Dari Ende (Rekontruksi Pemikiran Tentang Pendidikan Agama Islam Di Indonesia)

Suroso Suroso (Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia.)
Duski Ibrahim (Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia.)
Tutut Handayani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, South Sumatra, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkonstruksikan pemikiran Soekarno tentang  Pendidikan Islam yang modern. Untuk melakukan analisis terhadap informasi dan data  yang berhubungan dengan penelitian ini dilakukan study library research (penelitian perpustakaan) dengan pendekatan Sejarah (history)  dan analisis konten (Content analysis) dan dianalisis dengan Analisis Wacana Kritis /model Teun Van Dijk  yang meliputi struktur teks (makro, super struktur, maupun mikro serta bagaimana kognisi dan konteks sosial. Sedangkan dalam menganalisa data, digunakan perangkat analisis wacana kritis. Hasil temuan penelitian ini bahwa yang ditulis  oleh Soekarno yang tertuang dalam Surat-surat Islam dari Ende kepada A.Hasan menggambarkan jati dirinya  yang memiliki sikap  nasionalisme yang tinggi dan rasa kepedulian beliau atas dunia Pendidikan Nasional khususnya Pendidikan  Islam yang mengalami ketertinggalan dan keterlambatan jauh dari kesan modern  (bersifat tradisonal). Kemudian Soekarno adalah seorang tokoh pembaharu  dalam hal Pendidikan Islam bahkan dia juga seorang guru  yang sangat dengan Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritualitas tetapi Rasionalitas juga dalam semua aspek Pendidikan, dan sekaligus pula sebagai penyimbang keilmuan Barat yang terus maju, sehingga sedikit banyaknya mempengaruhi berbagai model Pendidikan Islam dan umum di Indonesia yang berlomba-lomba berusaha untuk mencetak manusia-manusia Islam yang unggul, baik dibidang ilmu pengetahuan Agamanya maupun science.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...