Tujuan penelitian ini mengkonstruksikan pemikiran Soekarno tentang Pendidikan Islam yang modern. Untuk melakukan analisis terhadap informasi dan data yang berhubungan dengan penelitian ini dilakukan study library research (penelitian perpustakaan) dengan pendekatan Sejarah (history) dan analisis konten (Content analysis) dan dianalisis dengan Analisis Wacana Kritis /model Teun Van Dijk yang meliputi struktur teks (makro, super struktur, maupun mikro serta bagaimana kognisi dan konteks sosial. Sedangkan dalam menganalisa data, digunakan perangkat analisis wacana kritis. Hasil temuan penelitian ini bahwa yang ditulis oleh Soekarno yang tertuang dalam Surat-surat Islam dari Ende kepada A.Hasan menggambarkan jati dirinya yang memiliki sikap nasionalisme yang tinggi dan rasa kepedulian beliau atas dunia Pendidikan Nasional khususnya Pendidikan Islam yang mengalami ketertinggalan dan keterlambatan jauh dari kesan modern (bersifat tradisonal). Kemudian Soekarno adalah seorang tokoh pembaharu dalam hal Pendidikan Islam bahkan dia juga seorang guru yang sangat dengan Pendidikan yang tidak hanya mengedepankan nilai-nilai spiritualitas tetapi Rasionalitas juga dalam semua aspek Pendidikan, dan sekaligus pula sebagai penyimbang keilmuan Barat yang terus maju, sehingga sedikit banyaknya mempengaruhi berbagai model Pendidikan Islam dan umum di Indonesia yang berlomba-lomba berusaha untuk mencetak manusia-manusia Islam yang unggul, baik dibidang ilmu pengetahuan Agamanya maupun science.
Copyrights © 2023