Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguna metode dan media pembelajaraanterhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang.Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling (n = 48), dan teknik analisis datamenggunakan Korelsi dan Regresi dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan metode berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (t hitung = (4,966, p 0,05). Media Pembelajaraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (t hitung= 10,290, p 0,05). Penggunaan Metode dan Media Pembelajaraan secara simultan berpengaruh positifdan signifikan terhadap hasil belajar siswa (F hitung = 213,068, p 0,05). Kontribusi PenggunaanMetode dan Media Pembelajaraan terhadap peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan oleh nilaiAdjusted R Square sebesar 0,804 atau (80,4%). Sisanya sebanyak 19,6 % dipengaruhi oleh variabellain. Implikasi penelitian ini adalah harus ada kebijakan kepala sekolah dalam upaya peningkatanpenggunaan metode dan media pembelajaraan. Untuk perbaikan hasil belajar siswa dan Hasil BelajarSiswa ditingkatkan melalui program pendidikan, dan penelitian.
Copyrights © 2023