Banyaknya pelaku usaha yang melakukan pemasaran secara konvensional membuat pelaku UMKM sulit untuk berkembang. Hal ini disebabkan karena kualitas internal usaha mikro kecil dan menengah yang masih rendah sehingga harus segera diperbaiki terutama mengenai penguasaan pemanfaatan teknologi informasi. Perubahan lingkungan usaha secara cepat dan tidak terpridiksi, mendorong pelaku usaha untuk terus berinovasi untuk dapat bertahan. Era Digitalisasi mendorong pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan teknologi agar dapat terus bertahan. UMKM yang berada di Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo cukup beragam, tetapi masih menggunakan pemasaran secara konvensional sehingga UMKM tidak dapat berkembang. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan mengenai pemasaran digital. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini aalah untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM mengenai pemasaran digital. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian yaitu melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM telah mampu mengoperasikan pemaaran digital secara mandiri
Copyrights © 2024