Eunoia : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 2 (2023): EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia)

Pengaruh Media Flashcard Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SDN 104231 Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019

Maya Siti Sakdah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nirwana Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis yang berjumlah 67 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A dan kelas V-B yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Kemampuan membaca siswa yang sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Flashcard meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 69% kategori baik dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan media Flashcard yaitu 39,8% (kurang baik) 3) Terdapat pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis T.A 2017/2018. Yakni penggunaan media Flashcard lebih meningkatkan kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini memberikan kesimpulan: Baik buruknya meningkatkan kemampuan membaca siswa yang mengalami keterlambatan membaca tergantung pada baik buruknya pelaksanaan prosedur media Flashcard yang diaplikasikan oleh guru.Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Media Flashcard, Sekolah Dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eunoia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

EUNOIA : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal EUNOIA diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan ataupun studi pustka) kajian teoritis maupun kritis dengan ranah kajian sebagai berikut, yaitu: (1) pengembangan dan desain ...