Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis yang berjumlah 67 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A dan kelas V-B yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Kemampuan membaca siswa yang sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Flashcard meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 69% kategori baik dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan media Flashcard yaitu 39,8% (kurang baik) 3) Terdapat pengaruh media Flashcard terhadap keterampilan membaca siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis T.A 2017/2018. Yakni penggunaan media Flashcard lebih meningkatkan kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini memberikan kesimpulan: Baik buruknya meningkatkan kemampuan membaca siswa yang mengalami keterlambatan membaca tergantung pada baik buruknya pelaksanaan prosedur media Flashcard yang diaplikasikan oleh guru.Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Media Flashcard, Sekolah Dasar
Copyrights © 2023