JUMANDIK
Vol 1 No 1 (2022): SEPTEMBER-DESEMBER : Jurnal Manajemen & Pendidikan [JUMANDIK]

Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan

Slamet Afandi (SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa yang dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian tindakan ini dirancang dengan alur: membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, dan refleksi peleksanaan tindakan serta dilakukan secara spiral dalam dua siklus. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi perencanaan dan hasil supervisi. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti, sedangkan instrumen penunjangnya adalah pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat. Penyusun rencana pembelajaran dari 70 % meningkat menjadi 90 %. Pelaksanakan pembelajaran mengalami kenaikan dari 70% mencapai 90 %, dalam penilaian prestasi belajar dari 70 % menjadi 90 %, dalam dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa dari 50 % menjadi 80 %. Rata-rat kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 80 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumandik

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Manajemen & Pendidikan [JUMANDIK] membahas secara rinci berbagai penelitian empiris tentang topik bisnis, manajemen, dan pendidikan. Jurnal ini menyediakan wadah pertukaran keilmuan bagi akademisi, praktisi, dan peneliti mandiri dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas, yang ...